ROC Esports, Tim E-Sports Dari Bali

E-Sport di Indonesia dua tahun belakangan ini berkembang sangat cepat, hal ini  dapat dilihat dari banyaknya turnamen E-Sports yang diselenggarakan oleh berbagai vendor laptop, pc, smartphone operator telekomunikasi, developer dan publisher game maupun di pusat-pusat perbelanjaan. Salah satu turnamen E-Sports yang baru saja diselenggarakan di Indonesia adalah turnamen Piala Presiden Esports 2019, dimana Juara Pertama Regional Denpasar Piala Presiden Esports 2019 adalah tim ROC Esports Bali.

Para pemain ROC Esports yang memenangkan Juara Regional Denpasar terdiri dari 5 pemain diantaranya :

  • Komang Andre “HaiPoo”, Role : Tank
  • Panjie “Fanjie” Setiawan, Role : Tank Support
  • I Putu “Dantte” Sadiarta, Role : Offlaner
  • Valentino Nugraha, Arif “BeeGee” Mahendara Putra Role : Assassin
  • Edo “Kyojin” Walensyah. Role : Marksman

Para pemain ini berasal dari wilayah yang berbeda di Bali, ada yang berasal dari Denpasar, Singaraja, Badung, dan siswa SMK yang berasal dari Surabaya namun sedang menempuh pendidikan di Bali. Tim ROC Esports ini terbentuk dari para pemain yang sebelumnya menjuarai turmanen offline yang diselenggarakan oleh Komunitas Mobile Legends di Bali.

Untuk dapat menjuarai pertandingan Esports Piala Presiden 2019 tingkat regional tersebut, tim ROC Esports berlatih selama seminggu berkisar empat hingga delapan jam sehari, fokus dalam mempersiapkan strategi secara matang berlatih kekompakan tim dan juga optimis untuk menjuarai pertandingan tesebut.

Meskipun pada awalnya orangtua tidak mendukung aktifitas mereka dalam bermain game, dengan kemenangan mereka ini, mereka berharap orangtua dapat mulai mendukung dan menghilangkan stigma negatif mengenai Esports yang tidak kalah maju dan bersaing dengan profesi-profesi lain di Indonesia.

Dengan memenangkan pertandingan Piala Presiden 2019 Tingkat Regional Bali ini, tim ROC memanfaatkan hadiah untuk membeli device yang lebih memadai untuk terus berlatih game. Tim ROC Esports juga berkomitmen ingin terus mendukung esports regional, mereka berpandangan, masih banyak tim esports yang membutuhkan ruang untuk terus mengasah kemampuan. Tim ROC Esports juga berharap akan lebih banyak turnamen-turnamen yang dapat menjaring pemain-pemain Esports berbakat di Indonesia.

Menjadi pemain Esports memang membutuhkan fasilitas yang memadai, meluangkan banyak waktu untuk berlatih meningkatkan skill, dan berlatih dalam hal berstrategi. Kekompakan tim sangat diperlukan untuk dapat memenangkan suatu pertandingan beregu, karena bagaimanapun tim merupakan kesatuan yang harus bersinergi saling membantu dan melengkapi untuk mencapai tujuan yang diiginkan.