Mengenal Internet of Things

Jaman sekarang banyak orang membicarakan tentang Internet of Things (IoT), tetapi banyak juga yang belum paham tentang Internet of things. Mari kita pelajari lebih dalam.

Apa sih itu Internet of Things?
Internet of Things
(IoT) atau  Internet untuk Segalanya merupakan konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.

IoT pada dasar nya adalah sebuah jaringan smart device yang terhubung dengan internet untuk berbagi data dan bisa berkomunikasi dengan manusia.

Bagaimana cara kerja nya?

Internet of things bekerja dengan cara memberi sensor kepada benda. Sensor dapat menerima informasi, mengirim informasi, dan menjalankan perintah yang kamu masukan sehingga benda tersebut bekerja sesuai keinginan mu.

Apa itu “Things”?

“Things” atau sesuatu, adalah benda sehari-hari yang bisa kamu temukan sekitarmu (pintu, kaca, lampu), sesuatu bisa berupa benda maupun alat ( mesin cuci, kulkas, kipas angin), atau bisa juga merujuk kepada seseorang atau hewan.

ketika kamu memberi sensor kepada benda tersebut dan bisa berkomunikasi dengan benda itu, maka benda itu sudah menjadi “smart device” atau perangkat pintar.

Berkomunikasi dengan benda? Maksud nya apa?

Berkomunikasi dengan benda di sini seperti saat kamu mencuci dengan mesin cuci, ketika selesai maka mesin cuci tersebut akan memberi sinyal sehingga kamu tahu kalau baju sudah selesai di cuci, atau menggunakan smartphone mu untuk membuka pintu.
Kamu juga bisa mengatur agar benda tersebut mengirimkan informasi kepadamu saat hal penting terjadi.

Lalu apakah IoT penting?

Tentu saja.Kemampuan untuk berkomunikasi dengan benda-benda di sekitar kita dapat memudahkan hidup kita, walaupun kita masih belum menyentuh potensi penuh IoT, tetapi dapat berinteraksi dengan benda di sekitar kita itu menyenangkan.