Memulai Pembuatan WordPress

WordPress merupakan self-hosted-platform  atau platform yang di host sendiri, sehingga ada beberapa langkah extra yang di perlukan di bandingkan dengan pembuat situs web. Proses nya tidak sulit, ini yang harus kamu lakukan:

Memilih Nama Domain

 Domain adalah alamat web unik dimana situs kamu akan di simpan. Pilihlah nama domain yang unik dan mudah untuk di ingat oleh pengunjung. Kamu bisa mengecek apakah nama domain yang kamu pilih tersedia di perusahaan web hosting.
Contoh nama domain : Sons-it.com, facebook.com, instagram.com, WordPress.org

Membeli Paket Hosting

Web Hosting adalah tempat untuk menyimpan data baik berupa audio, text, gambar, maupun video secara online sehingga bisa di kunjungi oleh semua yang terhubung dengan internet melalui nama domain mu.

Ada berbagai macam paket hosting yang di sediakan, paket hosting yang di sarankan adalah paket dengan bandwidth yang besar, uptime tinggi, dan ruang storage yang banyak. Pilihlah paket hosting sesuai kebutuhan mu.
Contoh penyedia layanan web hosting: Jagoan Hosting,Rumah Web, Hostwind, HostGator, GoDaddy

Menginstall WordPress

Setelah kamu punya nama domain dan sudah membeli paket hosting, kamu sudah siap untuk mendownload dan menginstall WordPress. Penginstalan WordPress bisa di lakukan secara manual atau bisa juga dengan cara 1-click install yang di sediakan oleh perusahaan web hosting.

Penginstallan secara manual disarankan jika kamu sudah paham dengan MySql dan Database, akan tetapi jika kamu seorang pemula maka 1-click install akan lebih memudahkan untuk memulai sebuah situs.

Menyesuaikan Situs dengan Themes dan Plugin

Apa itu Themes dan Plugin?
Secara dasar Themes atau Tema adalah sebuah software yang dapat kamu gunakan untuk mengubah tampilan situs sesuai dengan kebutuhan mu.
Plugin, di sisi lain memungkinkan kamu untuk menambah fitur dan fungsi ke situs mu seperti menambah security situs, menyediakan fitur mesin pencari dan masih banyak lagi

Mulailah dengan mencari tema yang tepat dengan situs kamu, setelah itu install beberapa plugin untuk menambahkan fitur yang kamu butuhkan di situs mu. Kamu bisa menambah plugin kapanpun kamu mau, jadi instal lah sesuai kebutuhan agar tidak repot mengatur nya.

Mulai Membuat Content

Hal terakhir yang anda perlukan adalah membuat konten atau isi yang sesuai dengan tema situs kamu.
Ada dua tipe konten utama di WordPress: Post dan Pages. Kedua nya menggunakan editor yang mudah bagi pemula jadi kamu akan membuat konten pertama mu dengan mudah. Jangan lupa untuk menambah kan halaman kontak agar memudahkan pengunjung untuk menghubungi mu.