macOS 10.15 Catalina

MacOS Catalina, sebagai penerus macOS Mojave adalah OS ke 16 dan yang paling baru saat ini dari macOS, sebuah sistem operasi dekstop Apple untuk komputer Macintosh. Di release pada tanggal 7 Oktober 2019 lalu, macOS Catalina membawa kan fitur baru yang berbeda dari versi sebelum nya.

Apa Saja Fitur Baru nya?

Catalina memiliki fitur-fitur baru yang lebih daripada yang kita lihat dalam peningkatan MacOS sebelumnya. Ada beberapa aplikasi baru, dan beberapa aplikasi lain dengan fitur baru utama dan revisi UI. Kinerja telah ditingkatkan dan kegunaan telah ditingkatkan.
Ini dia fitur yang perlu di catat sebelum update ke Catalina :

Apple Arcade

Dengan berlangganan Apple Arcade seharga $ 4,99 per bulan, pengguna mendapatkan akses tak terbatas ke katalog game yang belum pernah ada sebelumnya di Mac, yang semuanya juga bisa dimainkan di iPhone, iPad, iPod touch, dan Apple TV. Game ini dapat di mainkan across device, yang artinya save an game mu dapat di lanjutkan di device lain. Pelanggan Apple Arcade mendapatkan versi lengkap dari setiap game termasuk semua pembaruan dan ekspansi, tanpa iklan atau pembelian tambahan dalam game.Layanan ini diluncurkan dengan uji coba gratis 30 hari dan satu langganan termasuk akses hingga enam anggota keluarga dengan Family Sharing.

iTunes di Ganti Dengan Aplikasi Hiburan Baru

Tiga aplikasi baru – Apple Music, Apple Podcasts, dan Apple TV menggantikan iTunes dan membuat lebih mudah dan menyenangkan untuk menemukan dan menikmati musik, acara TV, film dan podcast di Mac. Aplikasi Musik baru ini cepat dan menampilkan lebih dari 50 juta lagu, daftar putar, dan video musik. Pengguna akan memiliki akses ke seluruh perpustakaan musik mereka dan musik baru masih dapat dibeli dari iTunes Store.

Sidecar

Fitur Sidecar baru memperluas ruang kerja pengguna Mac dengan menggunakan iPad sebagai layar kedua, memungkinkan mereka untuk menyebar pekerjaan mereka Dengan Sidecar, kamu dapat menggunakan layar iPad untuk input tablet untuk menggambar, membuat sketsa atau menulis dengan Apple Pencil di Apple apa pun atau aplikasi pihak ketiga Mac yang mendukung input stylus.

Mac Catalyst

Pada Worldwide Developers Conference 2018, Apple mengumumkan bahwa mereka memberikan alat pengembang perangkat lunak untuk membawa aplikasi iOS mereka ke Mac. Pada WWDC 2019, Apple menyebut ini sebagai Project Catalyst, sebuah teknologi baru yang memungkinkan pengembang aplikasi dengan mudah membangun versi Mac dari aplikasi iPad mereka. Ekosistem iPad terdiri dari lebih dari satu juta aplikasi iPad, dan sekarang pengguna akan melihat lebih banyak judul favorit mereka datang ke Mac daripada sebelumnya, termasuk aplikasi seperti Twitter, GoodNotes, TripIt dari SAP, Post-it, Papan Morpholio, Rosetta Stone, Jira, Proloquo2Go dan lainnya.

Screen Time

Catalina menghadirkan Screen Time ke Mac untuk pertama kalinya, memberikan wawasan tentang bagaimana pengguna menghabiskan waktu dengan aplikasi dan situs web. Downtime memungkinkan pengguna menjadwalkan waktu jauh dari Mac mereka, dan Apps Limit memungkinkan kontrol atas berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna dengan aplikasi, situs web, dan kategori aplikasi tertentu. Dengan iCloud, Waktu Layar menggabungkan semua penggunaan dan menyinkronkan pengaturan Downtime dan Apps Limit di seluruh perangkat. Dan dengan Family Sharing, Screen Time memberikan visibilitas orang tua untuk kegiatan anak-anak mereka di semua perangkat Apple mereka.

Catalina Tidak Support Aplikasi 32-bit

Salah satu perubahan utama dalam macOS Catalina adalah perangkat lunak harus 64-bit agar dapat berjalan. Aplikasi 32-bit tidak akan berjalan di Catalina. (32- dan 64-bit harus dilakukan dengan ruang alamat linear yang digunakan aplikasi, jumlah RAM yang dapat digunakan aplikasi, dan karakteristik lainnya), jadi pikir lah terlebih dahulu sebelum update ke Catalina, karena kebanyakan aplikasi lama yang jarang di update adalah aplikasi 32-bit.

selain itu ada beberapa fitur lain yang berada di Catalina seperti :

  • Aplikasi Find My yang baru menggabungkan Find My iPhone dan Find My Friends menjadi satu aplikasi yang mudah digunakan di Mac, iPad, dan iPhone. Find My dapat membantu pengguna menemukan Mac yang hilang meskipun sedang offline dan tidur dengan mengirimkan sinyal Bluetooth yang dapat dideteksi oleh perangkat Apple yang digunakan di dekat situ, dan kemudian merelay lokasi terdeteksi dari Mac ke iCloud sehingga pengguna dapat menemukannya di aplikasi Find My.
  • Foto menampilkan pengalaman menjelajah baru yang indah yang menampilkan gambar terbaik pengguna dengan cerdas.
  • Safari memiliki halaman awal yang diperbarui yang menggunakan Saran Siri untuk meningkatkan situs yang sering dikunjungi, bookmark, tab iCloud, pilihan Daftar Bacaan dan tautan yang dikirim dalam Pesan.
  • Mail di macOS Catalina menambahkan kemampuan untuk memblokir email dari pengirim yang ditentukan dan berhenti berlangganan dari email komersial.
  • Notes sekarang memiliki Tampilan Galeri baru, alat pencarian yang lebih kuat dan opsi kolaborasi tambahan.
  • Pengingat telah dirancang ulang dengan antarmuka pengguna yang sama sekali baru yang membuatnya lebih mudah untuk membuat, mengatur, dan melacak pengingat.