LiFi – The Next Generation Wireless Technology

Li-Fi (kependekan dari Light Fidelity) adalah teknologi komunikasi nirkabel yang menggunakan cahaya untuk mentransmisikan data dan posisi antar perangkat.

Secara teknik, Li-Fi adalah sistem komunikasi cahaya yang mampu mentransmisikan data secara cepat menggunakan cahaya, ultraviolet dan spektrum cahaya. Akan tetapi pada kenyataannya, hanya cahaya lampu LED yang dapat digunakan untuk mentransmisikan data.

Apabila di bandingkan dengan teknologi Wi-Fi, Wi-Fi menggunakan frekuensi radio untuk mengirimkan data, Li-Fi yang menggunakan cahaya memiliki beberapa keunggulan diantaranya seperti channel bandwidth yang lebih lebar, dapat lebih beroperasi dengan aman di area yang rentan terhadap gangguan elektromagnetik (seperti kabin pesawat, rumah sakit, dll), dan memberikan kecepatan transmisi yang lebih tinggi.

 

Berikut ini beberapa keuntungan dan kerugian dari teknologi Li-Fi

  1. Efisien: Li-Fi bekerja pada teknologi cahaya tampak, oleh karena banyak rumah dan kantor sudah menggunakan lampu LED untuk penerangan, maka sumber cahaya tersebut dapat digunakan untuk mengirimkan data, maka akan sangat efisien dalam hal biaya maupun energi.
  2. Ketersediaan: Dimana pun ada sumber cahaya, mungkin ada Internet. Bohlam lampu sudah hadir dimana-mana (di rumah, kantor, toko, mall dan bahkan di kabin pesawat) yang berarti  bahwa transmisi data berkecepatan tinggi dapat tersedia dimana-mana
  3. Keamanan: Keunggulan utama dari teknologi Li-Fi ini adalah keamanannya. Karena cahaya tidak dapat melalui struktur tidak tembus cahaya, maka Li-Fi hanya tersedia untuk pengguna dalam ruangan.

Kerugian dari teknologi Li-Fi adalah:

  1. Internet tidak dapat digunakan tanpa sumber cahaya. Hal ini dapat membatasi lokasi dan situasi dimana Li-Fi dapat digunakan. Karena menggunakan cahaya tampak, dan cahaya tidak dapat menembus dinding, jadi jangkauan sinyal dibatasi oleh hambatan fisik.
  2. Interferensi sumber cahaya lain. Kelemahan terbesar dari teknologi Li-Fi ini adalah interferensi dari sumber cahaya lain seperti sinar matahari, maka akan mengganggu sinyal internet.
  3. Infrastruktur baru untuk Li-Fi perlu di bangun