Ini Dia Fitur Baru yang Ada di Android 9.0 -Pie-

Android Pie memperkenalkan fitur-fitur baru yang membuat para pengguna Android Oreo cemburu, jadi meskipun Android Pie belum ada di ponsel mu, kamu pasti ingin mengetahui tentang apa yang ada di Android versi ke sembilan ini.

Ini beberapa fitur baru yang ada di Android Pie:

Display CutOut Support

Baru-baru ini tampilan yang populer di pakai di beberapa smartphone adalah : Camera Notches. Google melakukan hal yang logis dan menambahkan display cutout support di Android Pie. Kamu tidak akan melihat terlalu banyak perubahan pada smartphones non-notch, tetapi aplikasi dan video di smatrphone seperti LG G7 dan OnePlus 6 akan dipastikan ditampilkan dengan benar setelah Anda menginstal Android Pie.

Salah satu perubahan yang berkaitan dengan Display nya adalah status bar. Karena bagian tengah atas layar disediakan untuk kamera, beberapa hal telah disesuaikan untuk mengakomodasi hilangnya ruang. sebagai contoh, jam telah bergeser ke kiri layar, meninggalkan icon baterai dan persentase (jika kamu memilih untuk menampilkannya) di paling kanan.Selain itu, kamu hanya dapat melihat empat icon pemberitahuan di status bar. Pada dasarnya tidak masalah jika kamu memiliki lekukan di ponsel Anda atau tidak — Android Pie berpikir semua ponsel memilikinya.

 

Overview Screen Baru

kebanyakan orang mungkin tidak melihat status bar tweak untuk mengakomodasi kamera,tapi ada satu perubahan interface yang akan dikenali semua orang: Overview Screen baru.

Versi Android sebelumnya menampilkan layar berorientasi vertikal, artinya kamu harus menggeser ke bawah untuk memilih aplikasi sebelumnya dan tidak dapat benar-benar melihat apa yang sedang terjadi di sebagian besar layar.
Dengan sistem baru ini, layar aplikasi disusun secara horizontal, sehingga kamu bisa menggeser ke kiri dan ke kanan. Dan tidak ada yang bertabrakan, sehingga kamu dapat melihat seluruh layar.
Ada juga perubahan lain: Di bawah layar recent app ada search bar dan serangkaian aplikasi yang disarankan, sehingga layar multitasking lebih berguna dari sebelumnya.

 

WiFi Round Trip Time (RTT)

Android Pie mendukung protokol IEEE 802.11mc, lebih dikenal dengan Wi-Fi Round-Trip Time. Fitur ini seperti GPS untuk ruangan tertutup. Aplikasi dapat menggunakan RTT untuk mengukur jarak antara titik akses Wi-Fi terdekat (bahkan jika smartphone mu tidak benar-benar terhubung dengan wifi) dan menggunakan data itu untuk, seperti yang dijelaskan Google:
“membangun pengalaman baru seperti navigasi dalam gedung; layanan berbasis lokasi seperti kontrol suara yang disatukan (misal ‘Nyalakan lampu ini’); dan informasi berbasis lokasi (misasl “Apakah ada penawaran khusus untuk produk ini?”).”
Seperti halnya API apa pun, RTT sepenuhnya bergantung pada developer yang memasukan fitur ini ke dalam aplikasi mereka.

Notifikasi Lebih Cerdas

Setiap versi baru android cenderung mempunyai perubahan pada system nya, google pun memperbarui system notifikasi untuk versi android yang baru. beberapa peruahan yang berguna antara lain :

  1. ketika kamu membalas pesan atau email secara langusung dari notifikasi, kamu akan dapat memilih tiga jawaban yang di sarankan selain dari kotak dimana kamu mengetik pesan seperti biasa.
  2. Kamu bisa menonatktifkan pembertahuan dengan menekan notifikasi agak lama..
  3. sentuh pemberitahuan untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang (seperti WhatsApp) dan kamu bisa mematikan aplikasi tersebut.
  4. Kamu bisa mengedit screenshot yang kamu ambil secara langsung dengan cara menyentuh notifikasi screenshot nya.
  5. Kamu bisa menuju ke pengaturan notifikasi dengan menyentuh tombol ” manage notification” yang ada di bagian bawah.
  6. Di bawah pemberitahuan tertentu akan ada tombol “Berguna” atau “Tidak berguna” yang dapat membantu belajar menyampaikan peringatan yang kamu butuhkan. Notifikasi yang “tidak berguna” tidak akan di tampilkan walaupun tombol notifikasi untuk aplikasi tersebut hidup

Lalu ada fitur Do Not Disturb yang akan mematikan semua notifikasi agar kamu tidak terganggu saat memakai smartphone mu.

Digital Wellbeing

Digital Wellbeing dirancang untuk membantumu mengelola berapa banyak waktu yang dihabiskan, upaya multi-cabang ini menawarkan seperangkat alat yang kuat untuk melacak dan mengelola penggunaan aplikasi.

Ada empat komponen di Digital Wellbeing : Dasboard (layar yang memecah berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk perangkat Anda), Pengatur Waktu Aplikasi (yang memungkinkan kamu mengatur batas waktu untuk masing-masing aplikasi), Do Not Disturb, dan Wind Down (yang menghidupkan mode malam dan fitur do not disturb lalu meredupkan cahaya layar menjadi abu-abu).

Selain fitur-fitur di atas, masih banyak perubahan di Android Pie ini, seperti:

  • Icons yang berbeda warna
  • Sebuah halaman baru untuk fitur backup, reset dan system update
  • auto rotate lebih canggih
  • Adaptive battery yang bekerja seperti battery saver
  • Mode Lockdown yang menonaktifkan sidik jari, voice unlock dan face unlock dan menggunakan pin untuk membuka layar
  • Emoji baru.