Bali Semakin Terkenal Sebagai Destinasi MICE Indonesia yang Diakui Dunia!

Pulau Bali terkenal dengan sektor pariwisatanya, mulai dari hamparan pemandangan yang memanjakan mata dan budaya yang selalu menakjubkan. Seiring berkembangnya zaman, Bali juga terkenal dengan pariwisata MICE-nya atau disebut juga Event Business. Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan pariwisata MICE?


Menurut Peraturan Menteri Pariwisata No. 5 Tahun 2017 , Usaha Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konvensi dan Pameran yang selanjutnya disebut MICE adalah pemberian jasa bagi suatu pertemuan sekelompok orang, penyelenggaraan perjalanan bagi karayawan dan mitra usaha sebagai imbalan atas prestasinya, serta penyelenggaraan pameran dalam rangka penyebarluasan informasi dan promosi suatu barang dan jasa yang berskala nasional, regional dan internasional.

Adapun penjelasan dari masing-masing bentuk kegiatan MICE beserta contoh yang telah/akan terselenggara di Bali yaitu sebagai berikut:

1. Meeting
Meeting (dalam bahasa Indonesia Rapat) yaitu suatu pertemuan dua atau lebih orang yang diselenggarakan untuk maksud mencapai tujuan bersama melalui interaksi verbal, seperti berbagi informasi atau mencapai kesepakatan yang dapat berupa presentasi, seminar, lokakarya, pelatihhan, team building, maupun event organisasi maupun prusahaan lainnya. Contohnya: Annual Meeting International Monetary Fund – World Bank Group (AM IMF – WBG) yang telah sukses terselenggara tanggal 8 – 14 Oktober 2018.

2. Incentive
Incentive (dalam bahasa Indonesia Insentif) yaitu hadiah atau penghargaan yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan, klien atau konsumen. Bentuknya bisa berupa paket tour, gala dinner maupun voucher akomodasi. Contohnya: Sharp Gala Dinner 2019 yang telah diselenggarakan tanggal 13 – 15 Februari 2019.

3. Convention (dalam bahasa Indonesia Konvensi) yaitu pertemuan resmi yang dalam skala besar yang dihadiri oleh perwakilan atau delegasi (asosiasi, pemerintahan atau industri) untuk melakukan diskusi, pertukaran informasi atau tindakan atas permasalahan khusus yang menjadi perhatian bersama.Contohnya: World Conference on Creative Economy (WCCE) yang dselenggarakan oleh Badan Ekonomi kreatif (Bekraf) tanggal 6 – 8 November 2018.

4. Exhibition
Exhibition (dalam bahasa Indonesia Pameran) yaitu sebuah acara yang terorganisasi dimana obyek ditampilkan kepada publik yang dapat berupa pameran dagang antar bisnis maupun pameran untuk konsumen akhir. Contohnya Ubud Food Festival (UFF) yang akan diselenggarakan tanggal 26 – 28 April 2019 dan Bali Interfood 2019 yang akan diselenggarakan tanggal 26 – 28 September 2019.

Menurut Heri Setyawan dalam jurnal Pariwisata Terapan – Daya Saing Destinasi MICE di Indonesia, Kementerian Pariwisata RI telah menetapkan ada 16 destinasi MICE yang tersebar dan belum sempurna dipersiapkan. Adapun destinasi tersebut adalah: Jakarta, Bali, Surabaya, Medan, Batam, Padang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Makasar, Manado, Lombok, Solo, Bintan, Palembang, dan Balikpapan. Ternyata dari keenam belas destinasi tersebut, hanya Bali dan Jakarta yang secara konsisten masuk urutan ICCA (International Congres and Convention Association), sedangkan Yogyakarta dan Bandung kadang-kadang muncul. Selama periode 2010 – 2016, Bali menduduki peringkat teratas untuk destinasi MICE di Indonesia, yang mana jumlah pertemuan tertinggi pada tahun 2012 yaitu sebanyak 55 pertemuan.