Android Versi Terbaru : Android 10

Android 10, yang sebelumnya dikenal sebagai Android Q hingga Google memutuskan untuk akhirnya membuang nama-nama makanan penutup, adalah sistem operasi terbaru dari Google. Android Q secara resmi disebut Android 10, menghadirkan banyak fitur baru, yang Google daftarkan pada halaman resminya untuk perangkat lunak baru. Google bahkan mendesain ulang logo Android, yang sekarang berbentuk kepala robot kecil berwarna hijau.

Kapan Android 10 Release?

Tanggal rilis Android 10
13 Maret: Android 10 Beta pertama di rilis.
3 April: Android 10 beta 2 memberi perbaikan bug dan gelembung aplikasi
7 Mei: Android 10 beta 3 diluncurkan di Google IO 2019
Awal Juni: Pembaruan tambahan akhir, beta 4
Juli: Beta 5 dan beta 6, kandidat rilis
3 September: Versi publik dirilis – meskipun tidak semua telepon mendapatkannya pada hari peluncuran
Tidak semua perangkat mendapatkan update di awal rilis, ini beberapa perangkat yang mendapat android 10 :

  • Google Pixel 3 / Pixel 3 XL
  • Google Pixel 3a / Pixel 3a XL
  • Google Pixel 2 / Pixel 2 XL
  • Google Pixel / Pixel XL
  • Essential Phone
  • OnePlus 7T
  • OnePlus 7T Pro

Apa sih yang baru di Android 10?

 

Tombol Back Di Hilangkan

Ya, tombol kembali yang berada di semua versi android sebelum nya di hilangkan di Android 10. Menindaklanjuti navigasi berbasis gesture Pie yang menjaga tombol kembali, Android 10 sekarang menggunakan fitur metode navigasi berbasis gesture sepenuhnya. Menggeser ke atas akan pergi ke home, Menggeser ke atas dan tahan  akan membuka menu multitasking, dan gesek dari tepi kiri atau kanan layar akan menggantikan tombol back untuk kembali.

Selain navigasi gerakan baru, Android 10 juga memungkinkan kamu untuk beralih kembali ke sistem dua tombol Android Pie dan array tiga tombol tradisional. Tidak jelas apakah opsi ini akan tetap ada di perangkat seperti Pixel 4 yang rilis bersama Android 10, tetapi setidaknya untuk ponsel seperti Pixel 3 dan 3a yang diperbarui ke Android 10 dari versi yang lebih lama, masih akan ada opsi untuk menggunakan tombol,kamu bisa memilih mana yang ingin kamu gunakan.

 

Dark Theme, the system-wide dark mode

Ada system-wide dark mode yang di sebut Dark Theme pada Android 10. Mode ini akan mengubah semua tampilan Android menjadi gelap seperti night mode pada chrome, membuat mu bisa mengurangi sakit mata saat menggunakan nya di malam hari .Sejauh ini terbatas pada beberapa menu dan aplikasi tertentu, tetapi seiring berjalan nya waktu, akan banyak aplikasi yang akan bisa menggunakan mode ini.

Ada 2 cara untuk menghidupkan dark theme, keduanya berada di halaman notifikasi :

  • Cara pertama adalah dengan menekan tombol pengaturan cepat dark theme yang beralih antara Tema Cahaya default dan Tema Gelap baru.
  • Cara kedua adalah mengaktifkan mode battery saver, yang secara otomatis akan menghidup kan mode dark theme tersebut, mode ini sangat berguna bagi smartphone yang menggunakan layar OLED, karena akan mengurangi pembakaran pixel dengan mematikan pixel yang pada dasar nya sudah hitam.

 

Foldable Support

Android 10 sedang mempersiapkan ponsel lipat di masa depan, atau “layar baru yang dapat di lipat dan inovatif,” menurut posting Blog Android Developers.

Samsung Galaxy Fold beralih antara status layar dilipat dan tidak dilipat. Dengan Google mengoptimalkan Android 10 dengan fitur dan pengalaman khusus yang dapat dilipat, kemungkinan akan muncul ponsel yang lebih dapat dilipat ketika diluncurkan dengan Android 10 onboard.

Android adalah satu-satunya sistem operasi yang mendukung lipatan, sehingga kemungkinan semua ponsel yang dapat dilipat akan menjalankan Android 10 saat rilis.

Perubahan besar untuk Permission

Privasi adalah masalah yang lebih besar daripada sebelumnya, dan dengan Android 10, Google menerapkan beberapa fitur baru untuk izin aplikasi untuk membantu memberi kamu pemahaman yang lebih baik dan kontrol lebih besar atas apa yang sebenarnya diakses oleh aplikasi di ponselmu.

Aplikasi yang meminta lokasi sekarang mengungkapkan pop-up baru yang menanyakan apakah Anda ingin memberikan akses lokasi sepanjang waktu, hanya ketika aplikasi sedang digunakan, atau tidak sama sekali.

Google mencatat bahwa Android 10:

” Memberi pengguna lebih banyak kendali atas aplikasi, mengendalikan akses ke file bersama. Pengguna akan dapat mengontrol akses aplikasi ke Foto dan Video atau koleksi Audio melalui izin runtime baru. Untuk Unduhan, aplikasi harus menggunakan pemilih file sistem, yang memungkinkan pengguna untuk memutuskan file Unduhan mana yang dapat diakses aplikasi.”

Halaman “Permission usage” di pengaturan telah sepenuhnya dirombak untuk menunjukkan izin mana yang digunakan oleh berapa banyak aplikasi, ada opsi untuk memfilter berdasarkan izin untuk melihat aplikasi mana menggunakan izin mana, dan UI baru untuk halaman “Info aplikasi”

Fitur privasi Android 10 baru

Android Developer Blog post mengumumkan beta pengembang menegaskan penekanan besar pada peningkatan privasi di Android 10, fokus yang ditegaskan kembali dalam keynote utama Google IO 2019.

Pengguna akan memiliki kontrol lebih besar atas akses aplikasi ke info lokasi, file bersama, dan repositori seperti Foto dan Video. Perubahan bermanfaat lainnya: alih-alih aplikasi secara otomatis mengalihkan fokus ketika mereka memiliki Kegiatan di latar belakang (seperti alarm atau panggilan), pembuat aplikasi dapat memilih untuk mengirim pemberitahuan prioritas tinggi terlebih dahulu

Android 10 juga memperkenalkan fitur baru – Scoped Storage – yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol cara aplikasi mengakses penyimpanan eksternal (misalnya, dalam kartu MicroSD). Ini juga akan lebih melindungi pengguna dari pengidentifikasian dengan membatasi akses ke pengidentifikasi perangkat yang tidak dapat disetel ulang, seperti nomor seri dan / atau IMEI ponsel Anda, dan mengacak alamat MAC-nya ketika terhubung ke berbagai jaringan Wi-Fi

 

 

Live Caption

Teks tertutup sangat penting bagi orang tuli dan sulit mendengar untuk memahami apa yang dikatakan dalam video, podcast, game, atau segala bentuk media lainnya di mana kata-kata diucapkan, dan untuk memastikan ini tersedia di mana-mana, Android 10 hadir dengan fitur yang disebut “Live Caption.”

Live Caption dapat memberikan teks waktu-nyata untuk hampir semua hal di ponsel mu di mana seseorang berbicara, dan bagian terbaiknya adalah hal itu terjadi secara lokal di perangkat. Dengan kata lain, tidak diperlukan koneksi internet apa pun.

Kamu dapat mengaktifkan Live Caption melalui pengaturan aksesibilitas Android 10, dan bagi banyak pengguna, ini adalah anugerah.

Fitur aksesibilitas terakhir yang masuk ke Android 10 adalah Project Euphonia, yang bertujuan untuk meningkatkan pengenalan verbal Android untuk memproses kata-kata yang diucapkan oleh pengguna dengan lebih baik dengan hambatan bicara.

Face ID-style authentication untuk login dan konfirmasi pembelian

Android 10 mendapatkan fitur yang dibanggakan oleh pengguna iOS untuk sementara: ID Wajah. Versi Android berikutnya mendukung telepon yang mengemas perangkat keras untuk menggunakan pemindaian wajah untuk otentikasi.

Tidak jelas bagaimana cara kerjanya, atau apakah itu akan menggabungkan pembacaan sensor untuk pemindaian fitur wajah yang komprehensif. Tapi banyak yang mendapatkan petunjuk melalui kode kesalahan di salah satu APK OS, yang secara bervariasi memberitahu pengguna untuk memindahkan ponsel ke berbagai arah agar perangkat dapat melihat wajah mereka dengan lebih baik.

Apakah ponsel akan dapat menggunakan ID Wajah adalah cerita lain: mereka perlu menginstal perangkat keras – apakah itu sensor atau spesifikasi yang tepat – agar fitur tersebut dapat berfungsi

Android 10 Mendukung 5G

Ya, Konektivitas 5G akan mulai tersebar luas dan di pakai banyak ponsel android yang baru, di 2019 ini sudah banyak yang meluncurkan layanan 5G. Android 10 memiliki beberapa trik khusus untuk 5G. API baru akan memungkinkan aplikasi mendeteksi tingkat koneksi dan latensi pengguna, serta mendeteksi jika koneksi diukur.

Ini akan memberikan pengembang kontrol yang lebih disempurnakan atas berapa banyak data untuk dikirim ke pengguna, terutama ketika mereka memiliki koneksi yang lebih buruk atau memiliki batas pengunduhan data.